Lihat Oto tips yang lain

Patokan mengganti oli motor

Umumnya, oli motor harus diganti di kilometer 2,500 sampai 4,000. Jadi, ketika motor anda sudah mencapai interval ini, anda wajib mengganti olinya. Jika anda tidak mengganti olinya, memang mesin dan performa motor masih terasa normal.

Namun, kualitas oli yang buruk akan membuat mesin bermasalah nantinya. Menentukan kapan oli motor harus diganti juga bisa dilihat dari kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor matik sebulan sekali. Meski kilometer sering dijadikan acuan penggantian oli, banyak yang beranggapan bahwa masa pemakaian mesin adalah acuan yang harus digunakan.

Pasalnya, saat kita terjebak macet, kilometer motor tidak akan bertambah, tetapi mesin tetap bekerja, dan pelumas tetap bersirkulasi. Jadi, jika anda tinggal di daerah yang sering terjebak macet, sebaiknya gunakan hitungan usia mesin untuk dijadikan acuan mengganti oli, Hal yang perlu Anda hindari, bila mengisi oli kurang dari takaran, atau menambah oli terus menerus ketika volume berkurang. Bila level berkurangnya oli sangat drastis, maka bisa dicurigai ada kondisi tak normal pada mesin.

Kemungkinan ada kebocoran seal, ring piston atau silinder aus yang menyebabkan oli rembes atau ikut terbakar bersama bensin.Terlalu sedikit mengisi oli, berisiko merusak komponen mesin. Hal serupa juga bisa terjadi bila Anda hanya menambah oli tanpa kunjunng menggantinya. Mesin akan cepat panas sehingga dapat mempengaruhi usia komponen yang ada didalam mesin tersebut.

Lain halnya bila mengisi oli lebih dari takaran yang dianjurkan untuk ganti periodik. Misalnya saja, motor hanya butuh 800 ml namun diisi satu liter (1.000 ml). Efeknya membuat kinerja mesin menjadi kurang maksimal. Tarikan menjadi lebih berat dari biasanya karena volume oli yang bersirkulasi antar komponen lebih banyak.

Lihat Oto tips yang lain



Belanja sekarang:
 Web order     App order  
© 2019 Speedwork Solusi Utama
Ikuti kami:




WA kami
WA kami