Lihat berita dan auto tips yang lain

Tau Gak Sih, Apa Kandungan dari Gas Buang Hasil Pembakaran di Kendaraan Anda?

cara ganti oli Kendaaraan anda bisa berjalan dikarenakan adanya proses pembakaran di ruang bakar. Ledakan di ruang bakar menyebabkan piston bergerak untuk memutar poros engkol.

Kok bisa terjadi pembakaran ? bagaimana prosesnya? Jadi, syarat terjadinya pembakaran ada 3 yaitu ada udara, bahan bakar dan api, apabila salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi, maka pembakaran tidak akan terjadi. Ketika 3 syarat tersebut saling berikatan, maka akan menghasilkan gas sisa pembakaran yang dibuang melalui sistem exhaust (pembuangan).

Tapi apakah hasil pembakaran tersebut berbahaya?
Udara terdiri dari unsur Oksigen (O2) dan Nitrogen (N2) sedangkan bahan bakar mengandung campuran Hidrogen (H) dan Karbon (C) atau disebut Hidrokarbon (HC).

Pembakaran terdiri dari 2 jenis, yaitu:

1. pembakaran sempurna
Ketika pembakaran sempurna terjadi, Hidrokarbon (HC) dan Oksigen (O2), akan melakukan reaksi kimia untuk membentuk senyama Karbondioksida (CO2) dan Uap air (H20). Kedua senyawa ini tidak beracun.
HC + O2 = CO2 + H2O (Pembakaran Sempurna)

2. Pembakaran tidak sempurna
Terjadi ketika, Hidrokarbon (HC) dan Oksigen (O2) bereaksi membentuk senyawa Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon yang tidak terbakar (HC) dan Nitrogen Oxide (NOx). Ketiga senyawa ini adalah senyawa yang beracun.
HC + O2 = HC + CO + NOx (Pembakaran Tidak Sempurna)

Pembakaran yang tidak sempurna ini menghasilkan gas-gas beracun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Penyumbang polusi terbesar, terutama di kota-kota besar dikarenakan emisi bahan bakar. Pembakaran tidak sempurna disebabkan oleh beberapa faktor, seperti desain konstruksi mesin dan sistem kontrol udara bahan bakar yang tidak ideal.

Sebagai pengguna kendaraan bermotor yang peduli terhadap lingkungan dan orang di sekitar anda, maka selalu perhatikan emisi yang dihasilkan pada kendaraan anda, lakukan uji emisi di bengkel terpercaya untuk mengetahui apakah kendaraan anda memiliki emisi yang sesuai standar yang telah ditetapkan atau tidak. Dan yang terpenting adalah kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan beralih ke tranportasi umum.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami