Lihat berita dan auto tips yang lain

Apa Itu Air Fuel Ratio (AFR) ?

Merawat aki Pada proses pembakaran di engine tidak terlepas dari 3 syarat utama, yaitu udara, bahan bakar dan api. Agar tenaga yang dihasilkan optimal maka tekanan kompresi harus tinggi, waktu pengapian yang tepat dan campuran udara dan bahan bakar yang sesuai. Campuran udara dan bahan bakar yang tidak sesuai akan membuat campuran ini menjadi sukar untuk dibakar.

Air Fuel Ratio adalah rasio perbandingan antara udara dan bahan bakar dan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesempurnaan pada proses pembakaran di ruang bakar. Pada proses pembakaran sempurna memiliki rasio perbandingan AFR yaitu 14,7 : 1 atau yang biasa disebut dengan Stoichiometric, artinya campuran memiliki perbandingan 14,7 udara dan 1 bahan bakar.

Pada kondisi stoichiometric komposisi ini memiliki perbandingan udara dan bahan bakar yang seimbang. Namun karena kondisi pengoperasian dan pengemudian yang selalu berubah-ubah, desain konstruksi mesin, dan sistem kontrol udara dan bahan bakar yang tidak ideal menyebabkan stoichiometric ini sulit dicapai. Hal ini menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna akibat rasio pembakaran yang tidak sesuai, sehingga kondisi ini dikenal dengan istilah AFR Kaya dan AFR Miskin.

Baca juga: Apa fungsi dari Idle Speed Control (ISC)

AFR Kaya
adalah campuran yang mengandung banyak bahan bakar. Campuran kaya akan meningkatkan pemakaian bahan bakar (boros) dan akan menghasilkan emisi hasil pembakaran berupa karbon. Hasil pembakaran yaitu asap pada gas buang akan berwarna hitam. Dan lama kelamaan akan membentuk kerak pada ruang bakar dan menyebabkan knocking atau bunyi tidak normal.

AFR Miskin
adalah campuran yang mengandung sedikit bahan bakar. Campuran ini akan menghasilkan tenaga mesin yang kecil dan temperature mesin juga akan menjadi cepat panas sehingga dapat membuat kerusakan pada mesin.

AFR Ideal
adalah campuran udara dan bahan bakar yang ideal sehingga menyebabkan kinerja mesin akan menjadi baik dan optimal, serta menyebabkan pemakaian bahan bakar dan pembakaran menjadi lebih efisien.

Setiap perbandingan volume udara dan bahan bakar menghasilkan emisi gas buang yang berbeda-beda karena perbandingan udara dan bahan bakar yang tidak sempurna akan berdampak pada tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal dan dampak buruk terhadap lingkungan atau polusi udara akibat gas buang dari proses pembakaran.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami