Lihat berita dan auto tips yang lain

Apa perbedaan 2WD, 4WD, AWD, FWD dan RWD ?


Penggerak roda Penggerak roda pada mobil dapat menentukan karakteristik dari mobil itu sendiri. Banyaknya dan posisi penggerak roda menentukan kemampuan mobil tersebut ketika melaju di berbagai macam kondisi jalanan.

Pada umumnya jenis penggerak roda yang dikenal adalah 2WD dan 4WD, namun bagaimana dengan FWD, RWD dan AWD?

Berikut ini akan kita bahas perbedaan dari semua jenis penggerak roda pada kendaraan

2WD
Two wheel drive adalah mobil yang bertumpu hanya pada 2 roda saja (memiliki hanya 2 penggerak roda). Mobil jenis 2WD ini memiliki 2 tipe penggerak yaitu penggerak roda depan (Front Wheel Drive / FWD) dan penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive / RWD).

4WD
4 wheel drive adalah mobil yang keempat rodanya mampu mendapatkan tenaga dari mesin. Ketika kondisi normal hanya roda belakang saja yang berfungsi sebagai penggerak utama, namun pengemudi bisa mengatur agar tenaga dari mesin dapat ditransmisikan ke semua roda, baik roda depan maupun belakang. Mobil dengan penggerak 4WD ini biasa diterapkan pada mobil yang digunakan untuk offroad, karena memiliki daya cengkram yang sangat baik ketika berkendara dijalan licin, terjal maupun jalan dengan permukaan yang kasar. Kelemahan 4WD adalah akselerasi yang rendah dan konsumsi bahan bakar yang tinggi akibat beban kendaraan yang cukup berat.

Baca juga: Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis

AWD
All wheel drive hampir sama dengan 4WD yaitu keseluruhan rodanya mendapatkan tenaga dari mesin, tetapi bedanya adalah tenaga yang ditransmisikan ke semua roda bersifat permanen (tidak bisa diatur menjadi FWD atau RWD). Mobil penggerak AWD ini dapat melaju dengan lebih baik dibandingkan dengan yang lain dan AWD ini sering dijumpai pada jenis mobil sport.

FWD
Front wheel drive adalah mobil dengan penggerak 2 roda bagian depan saja. Hal ini terjadi karena tenaga dari mesin hanya ditransmisikan ke bagian roda depan kendaraan saja. Keunggulan dari FWD adalah lebih efisien dalam penyaluran tenaga, lebih ringan karena terdiri dari komponen yang lebih sedikit, daya cengkram ban yang lebih baik serta hemat bahan bakar.

RWD
Rear wheel drive adalah mobil dengan penggerak 2 roda bagian belakang saja. Hal ini terjadi karena tenaga dari mesin hanya ditransmisikan ke bagian roda belakang saja. Karena tenaga disalurkan ke roda belakang menyebabkan mobil dengan penggerak RWD ini memiliki keseimbangan yang lebih baik antara bagian depan dan belakang mobil, serta respon ketika berbelok menjadi lebih baik. Tiap jenis penggerak roda pada mobil memiliki karakteristiknya masing-masing, tergantung bagaimana fungsi dan kebutuhannya. Mau digunakan untuk operasional sehari-hari, untuk off road maupun untuk kebutuhan akselerasi semua tergantung jenis penggerak rodanya.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami