Lihat berita dan auto tips yang lain

Memahami Blind Spot (Titik Buta ) pada Kendaraan

Blind spot pada kendaraan Ketika berkendara mungkin anda pernah merasa bahwa jarak pandang anda terganggu sehingga tidak bisa melihat suatu area dengan jelas, baik dari sudut sebelah kiri, kanan, depan maupun belakang kendaraan. Kejadian seperti itu biasa disebut dengan blind spot (titik buta).

Titik buta dalam berkendara adalah bagian dari sekeliling kita yang tidak bisa terlihat pada saat kondisi mengemudikan kendaraan. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor seperti ukuran kendaraan, jangkauan pandangan yang terbatas cermin, maupun muatan yang dibawa.

Titik buta pada kendaraan bergantung dari jenis dan ukuran kendaraan, Semakin besar kendaraan maka titik butanya juga semakin banyak, berbeda dengan kendaraan yang berukuran kecil. Oleh karena itu apabila anda berkendara dengan kendaraan yang lebih kecil sedang berada dibelakang truk atau bus, maka anda perlu lebih berhati-hati.

Pada kendaraan besar seperti truk, titik buta terbesarnya berada dibelakang kendaraan, karena besarnya muatan yang dibawa dapat menghalangi jarak pandang. Sisi depan dan samping truk juga beresiko tinggi mengalami titik buta karena posisi kendaraan yang lebih tinggi menyebabkan pengemudi tidak bisa melihat kendaraan disekitarnya yang berjarak sangat dekat dengan truk.

Tidak hanya kendaraan besar seperti truk dan bus yang memiliki titik buta, semua kendaraan juga memiliki titik buta walaupun memiliki ukuran yang lebih kecil. Misalkan saja anda sedang berkendara dan ketika berbelok, pilar A pada kendaraan anda dapat menghalangi pandangan anda. Begitu juga anda tidak bisa melihat kendaraan yang berada dibelakang anda pada titik tertentu karena keterbatasan area pandang kaca spion anda. Hal inilah yang disebut dengan titik buta kendaraan.

Blind spot

Untuk mengurangi titik buta dalam berkendara anda dapat memperhatikan tips dan trik sebagai berikut.
Blind spot monitoring system

Sebagian besar kecelakaan yang terjadi disebabkan pengemudi tidak bisa melihat kendaraan yang berada disekitarnya dengan jelas, atau dengan kata lain titik buta kendaraan memiliki peran yang sangat besar. Oleh karena itu anda harus waspada dan tahu dimana area titik buta anda dan kendaraan lain, sehingga anda dapat mengantisipasinya.



Mau ganti ban, ganti oli atau servis mobil,
produk original dari bengkel terpercaya


servis ban servis ban Ban & Velg


servis oli servis oli Oli


servis aki servis aki Aki


servis ban servis ban Servis, grooming dan cuci


Ganti oli murah pakai speedwork Ganti oli murah pakai speedwork


Lihat berita dan auto tips yang lain