Lihat berita dan auto tips yang lain

Bagaimana Prosedur Pemeriksaan Rem pada Mobil Anda?

prosedure pemeriksaan rem prosedure pemeriksaan rem Rem merupakan sistem yang sangat vital pada kendaraan dan pasti selalu dioperasikan ketika berkendara. Kondisi sistem rem tidak selamanya ideal, gesekan pada komponen sistem rem menyebabkan performa rem akan semakin menurun.

Hal ini terjadi karena ketebalan kampas rem dan brake disc akan selalu berkurang seiring waktu pengoperasian. Untuk menjaga sistem rem pada kendaraan anda agar tetap pada kondisi yang ideal, maka perawatan rem harus selalu rutin dilakukan.

Pemeriksaan rem dapat dilakukan di bengkel terpercaya dan apabila kita memiliki peralatan yang memadai maka pemeriksaan dapat dilakukan secara sendiri.

Berikut adalah prosedur pemeriksaan yang sederhana pada rem kendaraan dengan tipe cakram (brake disc):



1. Lepaskan Roda

lepaskan ban
2. Periksa kondisi selang sistem rem
Periksa apakah terdapat retak ataupun kebocoran pada selang rem.

brake hose
3. Periksa kondisi brake pad (kampas rem)
Lepaskan penahan kaliper dan angkat kaliper keatas. lepaskan brake pad atau kampas rem kemudian bersihkan brake pad dengan cairan pembersih kemudian tambahkan grease atau gemuk pada brake pad.

Disc brake

4. Periksa kondisi brake disc
Pastikan bahwa tidak ada retakan ataupun kerusakan pada permukaan brake disc. Bersihkan brake disc dengan cairan pembersih (disc cleaner) dan hilangkan karat pada permukaan disc.

Check disc brake

5. Periksa ketebalan brake disc
Ukur ketebalan brake disc dengan mikrometer atau vernier caliper dan pastikan bahwa ketebalannya masih ideal. (Cek nilai standar ketebalan brake disc pada tiap kendaraan). Jika ketebalan brake disc pada tiap titik pengukuran tidak merata maka dapat dilakukan pembubutan, namun apabila ketebalannya berada dibawah batas yang diperbolehkan untuk dilakukan pembubutan, maka brake disc harus diganti

Periksa ketebalan disc brake

6. Pasang brake pad
Pasang kembali brake pad dan kaliper. Kencangkan baut pengunci kaliper dengan nilai torsi yang sesuai.

Pasang brake pad

7. Pasang kembali roda
Pasang roda dan kencangkan baut roda dengan torsi yang sesuai.
Pemeriksaan diatas hanya dilakukan pada sistem rem yang menggunakan jenis brake disc (tipe cakram), pada sebagian besar kendaraan, jenis rem cakram biasanya diaplikasikan pada roda bagian depan. Pemeriksaan rem diatas tidaklah rumit, apabila disertai dengan ketersediaan peralatan penunjang dan spare part yang memadai. Untuk menjamin kondisi sistem rem anda tetap optimal, maka wajib dilakukan perawatan dan pemeriksaan kondisi rem secara rutin. Apabila anda memiliki keterbatasan waktu dan peralatan penunjang untuk melalukan perawatan sendiri, maka anda bisa mengunjungi bengkel-bengkel resmi dan terpercaya.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami