Lihat berita dan auto tips yang lain

Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Beli mobil bekas Peminat mobil bekas masih cukup tinggi dikarenakan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru, selain itu pembelian mobil bekas juga bisa dilakukan dalam bentuk kredit dengan DP yang lebih kecil. Mobil bekas tidak hanya digunakan sebagai kendaraan operasional, tetapi untuk jenis mobil tertentu seperti mobil tua dan klasik biasanya menjadi incaran para kolektor mobil.

Mobil yang biasa digunakan sebagai koleksi memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena keberadaannya yang sudah langka dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Untuk anda yang lebih memilih mobil bekas karena untuk digunakan pada aktifitas sehari-hari, maka anda harus teliti sebelum membelinya. Jangan sampai anda menyesal karena telah membeli mobil yang sudah bermasalah dan bisa jadi anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas:

Indikator pada Gauge
Pastikan tidak ada indikator yang menyala pada gauge (MIL, Temperatur, ABS, SRS, dan indikator lainnya) ketika anda menjalankan kendaraan secara normal. Selain itu periksa apakah jarum-jarum indikator yang terdapat pada speedometer, takometer, dan bahan bakar bisa beroperasi dengan normal.

Komponen kelistrikan body
Periksa semua kelistrikan seperti lampu-lampu, door lock, wiper, audio dan power window dengan cara mengaktifkan saklar. Pastikan tidak ada komponen yang bermasalah.

Kebocoran oli dan coolant
Pastikan tidak ada rembesan atau kebocoran oli pada bagian bawah mesin dan transmisi. Periksa ketinggian level oli pada dipstick, apabila dibawah standar kemungkinan penyebabnya adalah adanya kebocoran oli.

Sistem Suspensi
Lakukan tes drive untuk memeriksa kerja dari komponen sistem suspensi, apabila ada bunyi yang tidak wajar terutama ketika melewati jalanan bergelombang maka dapat disimpulkan bahwa terdapat masalah pada komponen di sistem suspensi.


baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli mobil

Kondisi Mesin
Pastikan bahwa bunyi mesin normal, tidak terdapat suara yang kasar maupun menderu ketika mesin dioperasikan. Lakukan tes drive pada semua jenis kondisi jalan untuk memastikan performa dari mesin mobil.

Kondisi Transmisi
Periksa tuas transmisi apakah macet atau tidak. Lakukan tes drive dan pindahkan tuas transmisi ke semua posisi gigi. Pastikan kondisi transmisi normal ketika dioperasikan pada masing-masing posisi gigi.

Gas Buang Kendaraan
Periksa apakah gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan berwarna hitam pekat atau tidak. Apabila hal tersebut ditemui, maka proses pembakaran diruang bakar tidak ideal karena adanya kesalahan sistem pengapian maupun injeksi bahan bakar.

Bodi kendaraan
Periksa semua sudut bodi kendaraan apakah terdapat penyok, karat atau bentuk yang tidak wajar. Angkat karpet mobil apakah terdapat karat pada bagian interior mobil. Apabila hal ini ditemukan maka dapat dipastikan bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Dalam memilih mobil bekas, jangan hanya dilihat dari tampilan sisi luar saja, belum tentu mobil dengan kondisi mulus tanpa lecet baik dari sisi eksterior maupun interior memiliki kualitas yang optimal. Kita harus lebih teliti untuk memeriksa tiap bagian penting pada kendaraan terutama pada mesin, transmisi dan sistem kelistrikan, karena hal tersebut akan menentukan performa dan kualitas dalam berkemudi.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami