Lihat berita dan auto tips yang lain

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Pengisian BBM


Cara isi bahan bakar yang tepat Bahan bakar sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini. Apabila aktifitas sehari-sehari yang dilakukan sangat bergantung pada kendaraan bermotor, maka intensitas anda untuk mengunjungi SPBU mungkin cukup tinggi.

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan melihat langsung kejadian kebakaran kendaraan ketika melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan besar terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri. Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut adalah hal-hal penting yang harus dilakukan ketika anda sedang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.

Matikan Mesin Kendaraan dan Ponsel Anda
Hal ini merupakan prosedur wajib yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya arus pendek ataupun percikan api yang dapat menimbulkan kebakaran. Seperti yang kita ketahui bahwa syarat terjadinya kebakaran adalah adanya bahan bakar, udara dan api (pemantik). Ketika anda berada di SPBU syarat tersebut sudah ada, bahan bakar dan udara sudah tersedia, tinggal pemicunya saja. Pemicu bisa ada mungkin karena kecerobohan dari pengendara itu sendiri. Seperti mesin menyala, pengoperasian handphone, merokok di area SPBU dan bahkan kelistrikan kendaran yang tidak sesuai standar.

Turun dari kendaraan ketika sedang mengisi bahan bakar
Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka anda bisa dengan cepat melakukan penyelamatan ataupun melakukan pemadaman. Dan apabila anda berada didalam kendaraan, maka pastikan bahwa seat belt atau sabuk pengaman baik disisi pengemudi dan penumpang tidak terpasang. Hal ini dilakukan untuk mencegah seat belt terkunci ketika anda harus menyelamatkan diri.



Baca juga: Langkah mudah mengatasi mobil terendam banjir


Saat ini beberapa SPBU sudah menyediakan self service dalam pengisian bahan bakar dimana anda harus melakukan pengisian sendiri. Anda harus lebih berhati-hati agar tidak ada bensin yang tumpah ataupun tercecer. Pastikan bahwa sebelum anda mengangkat noozle pengisi sudah tidak ada lagi bensin yang keluar. Hal ini untuk mencegah resiko kebakaran.

Untuk beberapa mobil saat ini, produsen kendaraan sudah menyertakan APAR pada kendaraan untuk mengantisipasi apabila terdapat percikan api. Namun apabila kendaraan belum dibekali APAR, mungkin anda bisa menyediakannya sendiri. Walaupun anda sudah melakukannya dengan benar dan sesuai dengan prosedur, tapi bisa jadi pengendara disekitar anda yang ceroboh. Oleh karena itu anda harus selalu waspada dan mempersiapkan diri dengan baik.

Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami