Lihat berita dan auto tips yang lain

Kendaraan Anda Susah di Starter? Perhatikan Hal-Hal Berikut ini !

Mobil susah di starter Bagaimana mesin kendaraan anda bisa menyala?
Komponen apa yang membuat mesin bisa menyala?

Seperti yang kita ketahui, kendaraan bergerak karena adanya putaran mesin. Mesin bisa berputar karena adanya gerakan piston yang memutar crankshaft.

Proses pembakaran terjadi karena campuran udara dan bahan bakar mengalami kompresi di ruang bakar dan disulut oleh percikan api dari busi.

Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya ledakan sehingga piston bergerak memutar crankshaft. Untuk memulai proses ini, crankshaft harus diputar oleh gaya dari luar.

Proses ini dilakukan oleh sistem kelistrikan yang terdiri dari sistem starter, sistem pengisian, dan sistem pengapian.


starter starter Sistem starter terdiri dari baterai (aki), kunci kontak dan Starter. Ketika kunci kontak diposisikan ke posisi ON, maka starter akan mengengkol crankshaft dan menggerakan piston, sehingga terjadi proses kompresi dan terjadilah pembakaran.

Langkah ini diteruskan hingga crankshaft dapat berputar dengan sendirinya. Starter tidak boleh dioperasikan secara terus menerus karena akan dapat mengakibatkan kerusakan dan panas yang berlebih.


Klik disini untuk lihat harga ganti aki mobil



alternator alternator Sistem pengisian terdiri dari alternator, belt alternator dan baterai (Aki). Ketika Crankshaft berputar maka alternator juga ikut berputar karena terhubung oleh belt alternator. Alternator akan menghasilkan listrik untuk diisi ke baterai (Aki) dan disuplai ke semua sistem kelistrikan pada kendaraan.



busi busi Sistem pengapian terdiri dari busi, kabel busi, dan koil. Arus listrik dihasilkan dari koil pengapian didalam distributor. Arus listrik tersebut akan dialirkan ke busi melalui kabel busi, sehingga busi dapat memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Timing pengapian diatur oleh ECU karena disesuaikan dengan sinyal dari sensor-sensor pada engine.


Ketiga sistem tersebut memiliki peran penting untuk penyalaan kendaraan, sehingga apabila terdapat masalah pada salah satu komponen tersebut, maka bisa dipastikan bahwa kendaraan tidak akan bisa menyala. Jadi perhatikan kondisi dari baterai (aki), Starter, kunci kontak pada sistem starter. Komponen alternator, belt alternator, baterai (aki) pada sistem pengisian. Dan komponen busi, kabel busi, koil pada sistem pengapian.
starting system di mobil starting system di mobil
Sistem starter dan sistem pengisian dalam kondisi normal, namun pada sistem pengapiannya bermasalah dikarenakan busi sudah tidak ideal, maka kendaraan tidak akan bisa menyala karena tidak ada percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.

Begitupula ketika kondisi baterai (aki) sudah tidak ideal, maka tidak akan ada suplai arus listrik untuk memutar starter, sehingga kendaraan juga tidak akan beroperasi.

Apabila kondisi aki pada kendaraan anda sudah tidak ideal, maka gunakan aplikasi speedwork di handphone anda untuk mendapatkan servis penggantian aki, selain itu anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya instalasinya.


Lihat berita dan auto tips yang lain