Lihat berita dan auto tips yang lain

Pentingnya Memeriksa V-Belt pada CVT Motor Anda

CVT belt Perawatan pada transmisi CVT pada motor matic anda tidak hanya sebatas mengganti oli CVT secara rutin, tetapi anda juga harus memperhatikan V-belt yang terpasang pada transmisi. Seperti yang kita ketahui bahwa V-belt memiliki fungsi untuk mendistribusikan tenaga dari Primary Pulley ke Secondary Pulley.

V-belt pada transmisi CVT terbuat dari karet sehingga lambat laun performanya akan menurun. Hal ini terjadi karena V-belt selalu bergerak dan berubah ukuran menyesuaikan dengan rasio yang dibutuhkan kendaraan. Diameter V-belt ketika kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi selalu berubah untuk mencapai torsi dan kecepatan yang diinginkan. Gesekan antara V-belt dengan pulley inilah yang menyebabkan V-belt mengalami aus, retak bahkan putus.

Ciri-ciri bahwa V-belt putus adalah ketika mesin kendaraan anda menyala tetapi kendaraan anda tidak dapat melaju. Selain itu keretakan pada V-belt dapat terindikasi dengan munculnya bunyi yang tidak normal pada CVT. Biasanya batas penggantian V-belt pada motor anda berdasarkan rekomendasi dari pabrik adalah tiap 25.000 km – 30.000 km. Apabila angka pada odometer motor anda sudah mencapai jarak tersebut alangkah baiknya harus diganti walaupun V-belt masih belum putus.

Baca juga: Pentingnya Memeriksa V-Belt pada CVT Motor Anda

Cara memeriksa V-belt adalah dengan membuka terlebih dahulu cover CVT, kemudian lepaskan V-belt. Apabila V-belt tidak putus, maka anda perlu melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan bahwa V-belt tidak retak dan aus. Perhatikan lekukan berbentuk huruf V pada V-belt kemudian tekan bagian tersebut. Apabila terdapat retakan, maka V-belt harus segera diganti. Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan sisi samping V-belt, apabila gerigi terlihat sangat tajam, maka V-belt dikategorikan sudah aus dan harus segera diganti.



Servis Ringan CVT Motor Injection Servis Ringan CVT Motor Injection
Rp 25.000
Rp 39.000
Khusus untuk motor Matic Injection.
Service Ringan CVT Motor Injection meliputi:
  • Servis CVT Belt
  • Pengecekan Ban
  • Pengecekan Oli
  • Pengecekan Aki
  • Pengecekan Rem
Beli sekarang
Bando scooter belt CVT MATIC BELT 23100-KVY-U200
Rp 73.000
Rp 91.250
Harga sudah termasuk jasa instalasi.
Scooter model Honda Beat 23100-KVY-U200

Informasi Produk
V-Belt jenis ini dirancang khusus sedemikian rupa yg memiliki flexibilitas tinggi, serta mesin-mesin yg memiliki temperatur tinggi. Harga sudah termasuk jasa instalasi sesuai untuk motor Scooter model Honda Beat.

Beli sekarang



Usia dari V-belt mungkin bisa lebih cepat untuk dilakukan penggantian, tergantung dari pemakaian sehari-hari. Jangan sering-sering untuk menarik gas ataupun mengerem secara mendadak, karena hal ini dapat menyebabkan V-belt mengalami hentakan dan V-belt akan mengencang dan mengendur secara tiba-tiba, hal ini dapat menyebabkan gesekan pada V-belt akan semakin besar, sehingga risiko untuk mengalami aus, retak maupun putus juga akan lebih cepat.

Selalu perhatikan kondisi V-belt CVT motor anda. Periksa secara rutin ketika anda sedang melakukan servis di bengkel. Jangan sampai ketika anda sedang berkendara, tiba-tiba V-belt CVT motor anda putus sehingga dapat menghambat aktivitas anda.


Lihat berita dan auto tips yang lain