Lihat berita dan auto tips yang lain

Pentingnya Oli Mesin untuk Kendaraan Anda

cara ganti oli Taukah anda, apa fungsi oli mesin? Kenapa harus selalu rutin diganti?

Oli mesin merupakan fluida yang memiliki peran penting terhadap performa mesin pada kendaraan anda. Seringkali pemilik kendaraan bermotor mengabaikan penggantian oli mesin dan akibatnya, performa mesin menjadi buruk.

Bunyi mesin menjadi tidak normal dan umur mesin akan menjadi pendek, efeknya bahkan sampai turun mesin dan overhaul mesin. Seperti yang kita ketahui, biaya turun mesin maupun overhaul mesin tidaklah murah, oleh karena itu perlu kita memahami apa pentingnya oli mesin.



Berikut ini adalah beberapa fungsi dari oli mesin.

1. Sistem pelumasan,
Hal ini dilakukan untuk mengurangi gesekan yang terjadi di ruang mesin, proses pembakaran yang terjadi diruang bakar menyebabkan piston, dinding silinder, crankshaft dan permukaan-permukaan mesin lainnya saling bergesekan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan beresiko besar terjadi aus pada komponen mesin.

2. Sistem pendinginan,
Pembakaran di ruang bakar menyebabkan gesekan secara terus-menerus pada komponen mesin selama mesin beroperasi. Hal ini menyebabkan kenaikan temperatur mesin, oli mesin yang mengalir berperan untuk menyerap panas yang dihasilkan mesin.

3. Mencegah korosi,
Korosi terjadi karena adanya reaksi langsung antara logam dan udara. Dalam hal ini, oli mesin berperan untuk mencegah reaksi tersebut terjadi.

4. Sistem penyekat
Oli mesin mencegah kebocoran gas pembakaran dari ruang bakar ke crankcase. Hal ini terjadi karena oli mesin mengisi celah antara ring piston dan dinding silinder.

5. Sistem pembersih
Oli mesin juga berfungsi untuk membersihkan bagian dalam mesin dari partikel-partikel asing.



Klik di sini untuk lihat harga ganti oli



Komponen penting dalam sistem pelumasan mesin Komponen penting dalam sistem pelumasan mesin

Untuk yang ingin tahu lebih detil secara teknis, berikut beberapa penjelasan beberapa komponen penting dalam sistem pelumasan mesin.


1. Oil pan (penampung oli), lokasinya berada dibawah mesin, oil pan memiliki fungsi untuk menampung oli ketika mesin dalam kondisi mati Oil pan
2. Sump strainer, memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dan benda asing sebelum masuk kedalam pompa oli. keluarkan oli mesin
3. Pompa oli, memliki fungsi mengalirkan oli dari oil pan menuju mesin untuk melumasi bagian-bagian mesin yang bergerak. Oil pump
4. Filter Oli, memiliki fungsi untuk menyaring kotoran pada oli dan mencegah kotoran masuk ke bagian-bagian mesin ketika mesin dinyalakan. Oil filter


Ketika mesin dinyalakan, pompa oli akan bekerja dengan cara menghisap oli yang berada di oil pan (penampung oli) untuk disalurkan melewati strainer, oli kemudian diarahkan melewati pressure regulator pada sisi jalur tekan pompa untuk mengatur tekanan oli, kemudian oli menuju filter (saringan) untuk dilakukan penyaringan partikel-partikel asing, oli yang sudah bersih diarahkan menuju ke komponen engine untuk melumasi crankshaft, main bearing, piston, dinding silinder, camshaft, valve dan bagian-bagian komponen engine yang bergerak. Setelah pelumasan selesai, oli kembali menuju oil pan (penampung oli) untuk disirkulasikan kembali.

Komponen penting dalam sistem pelumasan mesin Komponen penting dalam sistem pelumasan mesin

Dari skema di atas dapat disimpulkan bahwa, oli mesin memiliki peran yang sangat penting terhadap kinerja mesin. Bayangkan, apabila komponen-komponen di mesin saling bergerak namun tidak ada pelumasan, kerja mesin akan sangat berat dan berakibat terjadinya aus dan kerusakan pada komponen-komponen mesin. Oleh karena itu, lakukan pergantian oli mesin secara berkala, download aplikasi Speedwork di Google Play Store atau App Store, karena dengan menggunakan aplikasi Speedwork, proses penggantian oli tidaklah sesuatu yang rumit.


Lihat berita dan auto tips yang lain


Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami