Lihat berita dan auto tips yang lain

Perbedaan Sistem Kerja Motor 2 Tak dan Motor 4 Tak

Mesin motor Apa yang dimaksud dengan motor 2 tak?
Apa bedanya dengan motor 4 tak?

Saat ini kebanyakan kendaraan bermotor yang beredar dipasaran sudah menggunakan jenis mesin 4 tak.

Namun tidak sedikit kita menjumpai di jalanan keberadaan motor 2 tak, ciri khasnya yaitu suara nya yg keras dan kasar, selain itu asap knalpot yang lebih ngebul dibandingkan motor 4 tak.

Jadi, apa yang dimaksud 4 tak dan 2 tak?

“Tak” adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui jumlah langkah pada mesin kendaraan. Mesin 4 tak berarti terdapat 4 langkah pada proses pembakaran diruang bakar, sedangkan 2 tak hanya terdapat 2 langkah.


Prinsip kerja mesin 4 tak
1.Langkah hisap. terjadi ketika katup inlet terbuka, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Hal ini menyebabkan tekanan di ruang bakar menjadi vakum sehingga menyebabkan udara bisa masuk kedalam ruang bakar.

2.Langkah kompresi, terjadi ketika katup inlet tertutup, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Proses ini menyebabkan campuran udara dan bahan bakar dimampatkan, sehingga temperature meningkat akibat tekanan yang meningkat.

3.Langkah usaha, terjadi setelah busi memantik api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga terjadi ledakan diruang bakar. Hal ini menyebabkan piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).

4.Langkah buang, terjadi ketika katup outlet terbuka, piston bergerak dari titik mati bahwa (TMB) ke titik mati atas (TMA). Hal ini menyebabkan gas hasil pembakaran dibuang melewati katup outlet menuju saluran exhaust.
Four stroke engine

Baca juga: Mau ganti oli mesin sendiri ? Perhatikan prosedurnya !

Prinsip kerja mesin 2 tak
1. Langkah hisap dan kompresi, terjadi ketika piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), campuran udara dan bahan bakar masuk ke poros engkol dan dimampatkan pada langkah kompresi. Kedua tahap ini terjadi dalam satu langkah.

2. Langkah usaha dan buang, terjadi ketika piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), pembakaran terjadi akibat busi memantik campuran udara dan bahan bakar dan hasil pembakaran langsung terbuang melalui katub outlet. Kedua tahap ini juga terjadi dalam 1 langkah.
Two stroke engine

Mesin 2 tak dan 4 tak juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada mesin 2 tak, proses pembakaran tidak terjadi secara sempurna, sehingga tingkat emisi yang dihasilkan masih tinggi. Proses pembakaran yang terjadi hanya 2 langkah menyebabkan kosumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi.

Penggunaan oli samping pada proses pembakaran menyebabkan asap keluar melalui exhaust. Oli samping berfungsi untuk melumasi komponen pada silinder mesin. Mesin 2 tak juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan motor 4 tak, diantaranya adalah akselerasi motor lebih kencang akibat tenaga yang dihasilkan lebih tinggi (1,5-2 kali) tenaga dari mesin 4 tak.

Untuk kekurangan motor 4 tak adalah akselerasi yang dihasilkan lebih rendah, dan konstruksi mesin yang lebih rumit. Namun kelebihan dari mesin 4 tak adalah lebih irit bahan bakar dan emisi yang dihasilkan lebih sedikit. Saat ini produsen kendaraan lebih cenderung untuk memproduksi kendaraan bermotor dengan jenis mesin 4 tak. Tingginya tingkat polusi saat ini juga menjadi faktor dalam memilih kendaraan yang lebih ramah lingkungan, selain itu faktor penting lainnya yaitu penggunaan bahan bakar yang lebih irit


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami