Lihat berita dan auto tips yang lain

Prinsip Kerja Turbocharger

ISC Istilah Turbocharger biasa kita dengar pada mobil balap, namun saat ini sudah banyak pengaplikasian turbocharger pada mobil penumpang. Seperti CRV Turbo, Civic Turbo, Eclipse Cross dan beberapa mobil eropa. Pemasangan Turbocharger pada mesin mobil bertujuan untuk meningkatkan tenaga dan torsi mesin tanpa menambah kapasitas atau ukuran mesin mobil.

Sebagai perbandingan, Honda HRV dengan kapasitas 1497 cc dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 HP dan torsi 145 Nm. Sedangkan CRV Turbo dengan kapasitas mesin 1498 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 HP dan Torsi 240 Nm. Dari hasil performa ini dapat disimpulkan bahwa, dengan kapasitas mesin yang sama, namun tenaga dan torsi yang dihasilkan jauh lebih besar (50 persen lebih besar) apabila menggunakan mesin turbocharger.

Turbocharger terdiri dari 2 komponen utama yaitu turbin dan kompresor yang terhubung dalam 1 shaft. Prinsip kerjanya yaitu dengan memanfaatkan energi yang masih tersimpan pada gas buang hasil pembakaran diruang bakar untuk memutar turbin. Karena memiliki shaft yang sama, berputarnya turbin menyebabkan kompresor juga ikut berputar dan akan mengompresikan udara untuk dialirkan menuju ruang bakar.

How turbocharger work How turbocharger work Ketika udara dikompresi tekanan udara akan meningkat sehingga temperatur udara juga akan meningkat. Oleh karena itu, udara didinginkan di intercooler sebelum diarahkan masuk ke ruang bakar.

Udara bertemperatur rendah memiliki kuantitas yang lebih banyak dan lebih padat dibandingkan dengan udara bertemperatur tinggi, sehingga pembakaran akan jauh lebih baik dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar bergantung pada jumlah udara yang diinputkan, semakin banyak udara yang digunakan maka bahan bakar juga semakin banyak sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan akan semakin besar.

Turbocharger akan aktif pada kondisi dan rpm tertentu, ketika turbocharger tidak digunakan, maka katup wastegate control valve akan beroperasi untuk mengarahkan gas buang agar tidak melewati turbin.

Turbocharger wastegate control valve juga berfungsi untuk mencegah tekanan berlebih pada turbin.

Pengaplikasian Turbocharger tidak hanya memberikan beberapa keunggulan terkait performa mesin, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mesin dengan Turbocharger.

Baca juga: Prinsip kerja suspensi dan kenyamanan mobil

Kelebihan Penggunaan Turbocharger pada mesin kendaraan saat ini sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi pembakaran dan menghasilkan tenaga yang besar. Namun pengemudi harus selalu rutin dalam melakukan perawatan kendaraan terutama penggantian oli mesin. Unduh dan gunakan aplikasi speedwork untuk mempermudah dalam penggantian oli mesin kendaraan anda.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami