Lihat berita dan auto tips yang lain

Sistem Kerja Immobilizer pada Kendaraan Anda

Car remote Seringkali pencurian kendaraan terjadi karena sistem kunci kendaraan memiliki tingkat kemananan yang rendah. Pada perkembangan teknologi saat ini, produsen kendaraan bermotor melalukan inovasi untuk menciptakan perangkat pengamanan kendaraan dengan cara menanamkan sebuah fitur pada perangkat kunci kendaraan, sehingga dapat mencegah pencurian pada kendaraan bermotor. Sistem ini disebut sistem immobilizer yang bertujuan untuk mencegah kendaraan agar tidak bisa dinyalakan apabila menggunakan kunci yang salah.

Prinsip kerja sistem immobilizer adalah dengan menggunakan sinyal kode pada perangkat elektroniknya. Apabila kunci yang salah atau memiliki kode yang berbeda dengan kode yang digunakan pada kendaraan kita, maka bahan bakar tidak akan disuplai ke mesin sehingga kendaraan tidak akan menyala. Sistem immobilizer kebanyakan dipasang pada mobil-mobil keluaran terbaru dan beberapa merk sepeda motor tertentu.

Sistem immobilizer terdiri dari kunci kontak, transponder, immobilizer control unit, ECM (Engine Control Module) atau PCM (Powertrain Control Modul). Ketika kunci kontak dimasukkan ke pengapian, maka immobilizer control unit akan mengirimkan sinyal ke transponder, kemudian transponder akan mengirim balik sinyal ke immobilizer control unit untuk diteruskan ke ECM/PCM dan dibandingkan antara kode sinyal yang dikirim dengan kode sinyal yang terdaftar pada ECM/PCM kendaraan. Jika kedua kode sinyal sesuai maka ECM/PCM akan mengirimkan sinyal ke sistem suplai bahan bakar. Hal ini yang menyebabkan kendaraan bisa menyala.

Jika kunci diputar ke posisi OFF maka ECM/PCM akan memutus sinyal ke sistem suplai bahan bakar, sehingga mesin kendaraan akan mati. Apabila kunci kontak memiliki kode sinyal berbeda dengan kode sinyal yang terpasang pada sistem kendaraan, maka sinyal tidak akan diteruskan ke sistem suplai bahan bakar sehingga kendaraan tidak akan bisa dihidupkan.

Kunci dengan sistem Immobilizer memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dibanding dengan kunci konvensional, namun sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:
Baca juga: Apa fungsi dari Idle Speed Control (ISC) ?


Setting immobilizer meliputi duplikat kunci, restart ulang kunci, dan membuat kunci baru. Produsen kendaraan selalu memberikan inovasi dan peningkatan terhadap sistem keamanan pada kendaraan. Semakin berkembangnya teknologi modus pencurian kendaraan bermotor akan semakin beragam, sehingga diharapkan kepada pemilik kendaraan agar selalu waspada dan dapat meminimalisir pencurian dengan cara menambahkan pengaman ganda pada kendaraan bermotor anda.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami