Lihat berita dan auto tips yang lain

Pernahkah anda melakukan spooring, dan pentingnya untuk Kesejajaran Roda

spooring spooring Jika pernah, kapan biasanya anda melakukan spooring?.

Spooring biasanya dilakukan ketika pengemudi merasa tidak nyaman ketika berkendara, misalnya ketika berkendara, pengemudi merasakan kendaraannya tertarik ke satu sisi sehingga tidak stabil.

Hal ini menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi berkurang, sehingga perlu dilakukan spooring agar kesejajaran roda bisa ideal.

Apa itu Kesejajaran Roda?

Jika roda langsung didudukan pada kendaraan dengan sudut yang paten (tidak dapat distel), maka kendaraan akan sulit dikemudikan. Untuk menjaga stabilitas kendaraan ketika dikemudikan di jalan lurus dan berbelok, maka sudut roda diatur terhadap suspensi dan jalan dengan nilai tertentu. Nilai sudut yang diatur untuk tiap kendaraan tidaklah sama, karena desain konstruksi kendaraan dan settingan roda untuk tiap pabrikan berbeda-beda.


Baca juga : Tanda tanda mobil anda perlu spooring


Berikut ini adalah faktor yang berpengaruh terhadap kesejajaran roda



Camber, adalah kemiringan roda depan bagian kiri dan kanan terhadap garis lurus (vertikal) apabila dilihat dari sisi depan kendaraan. Jika roda bagian atas miring ke luar terhadap garis vertikal maka disebut camber positif dan apabila roda bagian atas miring ke dalam terhadap garis vertikal disebut camber negatif. Fungsi dari camber ini adalah untuk memaksimalkan titik beban kendaraan dan kontak ban dengan jalan secara konstan. Camber diukur dalam satuan derajat dan menit.

Negative and Positive chamber
Negative and Positive chamber


Toe Toe, adalah posisi roda apabila dilihat dari atas, apakah roda miring kedalam atau keluar, atau dengan kata lain yaitu tingkat kesejajaran antara roda sisi depan dan belakang.

Jarak antara sisi depan roda dan sisi belakang roda sama berarti Toe = 0 , jarak antara roda sisi depan lebih kecil dari pada jarak antara roda sisi belakang disebut Toe in, jarak antara roda sisi depan lebih besar dari pada jarak antara roda sisi belakang disebut Toe out.

Fungsi dari Toe ini adalah untuk menjaga kestabilan kemudi dan memastikan bahwa putaran roda sejajar. Perbedaan jarak pada toe diukur dalam satuan millimeter.

Toe


Caster Caster, adalah sudut kemiringan antara steering axis pada roda terhadap sumbu vertikal apabila dilihat dari samping kendaraan.

Kemiringan kearah depan terhadap sumbu vertikal disebut Caster negatif, kemiringan ke arah belakang terhadap sumbu vertikal disebut Caster positif.

Caster diukur dalam satuan derajat dan menit.

Caster


Baca juga: Ganti Ban Mobil Cuma Satu Tak Disarankan, Begini Penjelasannya


Penyebab kesejajaran roda yang tidak tepat adalah karena usia atau lama pemakaian kendaraan, penggantian dan modifikasi ukuran roda, kerusakan pada suspensi dan kaki-kaki kendaraan akibat tabrakan ataupun jalan rusak, dan keausan ban yang tidak merata.

Kesejajaran roda yang tidak tepat ini mengakibatkan pengemudian menjadi tidak stabil, kendaraan cenderung tertarik ke satu sisi, kemudi menjadi berat, dan roda terasa bergetar.

Apabila anda menemukan gejala-gejala tersebut maka segera lakukan spooring. Download dan gunakan Aplikasi Speedwork untuk mendapatkan paket Spooring di bengkel terpercaya dengan diskon besar dan penanganan yang berkualitas.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami