Lihat Oto tips yang lain

Tanda aki mobil harus di ganti

Peran aki pada mobil sangatlah krusial. Tanpa aki, mobil kita tidak akan dapat menyala karena aki merupakan sumber listrik pada mobil. Kinerja peralatan elektronik dalam mobil seperti lampu, klakson, hingga perlengkapan multimedia dalam mobil semua itu tidak akan bisa bekerja dengan baik tanpa adanya aki. Mengingat pentingnya aki mobil, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga dan merawat aki agar suplai listrik ke seluruh perangkat elektrikal mobil berjalan normal.

Sama seperti komponen lainnya, aki juga memiliki umur pemakaian atau lifetime. Umur pemakaian aki yang direkomendasikan adalah 2 (dua) tahun atau 50,000 km, namun bisa saja kurang atau bahkan lebih dari usia yang direkomendasikan tergantung bagaimana cara kita merawatnya. Akan tetapi usia pemakaian tidak selalu dapat dijadikan ukuran untuk kita apakah aki mobil sudah harus diganti atau belum.

Ada beberapa tanda atau ciri yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil sebagai acuan untuk segera mengganti aki mobil, yaitu:

Mesin tidak kuat menyala saat di-starter
Biasanya setelah beberapa jam mobil anda tidak dihidupkan ketika distarter mesin sulit hidup atau perlu berulang-ulang kali distarter baru mobil dapat menyala, ini merupakan tanda kalau aki mobil sudah lemah atau bermasalah (rusak).

Aki mengeluarkan bau menyengat saat mesin hidup
Bau yang dikeluarkan aki saat mesin dihidupkan berasal dari sel-sel aki yang sudah rusak, sehingga saat mobil anda dihidupkan air aki akan terlihat seperti air yang mendidih, hal ini dapat terlihat dengan kasat mata.

Air Aki sudah berwarna keruh
Air pada aki akan terlihat keruh hal ini terjadi karena lamanya pemakaian, kotoran-kotoran pada air aki ini akan menumpuk selama berbulan-bulan sehingga membuat air aki memiliki warna agak gelap ketika anda membuka penutup air aki.

Saat diukur, tegangan aki kurang dari 10 volt
Ketika anda mencoba untuk mencharger aki dan kemudian mengetes aki anda dengan menggunakan tester namun tegangan yang ada hanya sampai 10 volt, sudah dapat dipastikan aki sudah lemah atau rusak karena dengan tegangan hanya 10 volt itu akan tidak mampu untukk bisa menghidupkan mobil anda

Aki short atau konslet diantara sel aki
Hal ini dengan mudah bisa dilihat dari voltage aki kurang dari 11 volt saat aki tidak terbebani.

Sistem kelistrikan sudah tidak normal
Hal ini dapat dideteksi dari suara klakson kurang keras, lampu utama mobil tampak redup saat dinyalakan, lampu sen mobil berkedip cepat agak redup dan lain sebagainya.

Jika aki mobil anda sudah menunjukkan gejala-gejala seperti diatas, itu berarti anda harus segera mengganti aki mobil anda. Apabila anda telat mengganti, dapat mengganggu sistem kelistrikan mobil yang dapat mengakibatkan rusaknya komponen yang berkaitan, karena listrik yang dialirkan tidak stabil. Dan yang paling parah resiko mobil mati mendadak dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Lihat Oto tips yang lain



Belanja sekarang:
 Web order     App order  
© 2019 Speedwork Solusi Utama
Ikuti kami:




WA kami
WA kami