Lihat Oto tips yang lain

Tanda Tanda Aki motor harus di ganti

Jenis aki rusak itu kan ada dua tandanya. Lagi jalan mati atau memang benar nggak bisa hidup. Nah, kalau memang akinya sudah jelek. Dia nggak bisa nyimpen arus. Susah starter. Begitu sudah panas, motor gampang starter, itu aki yang jelek.

Ciri aki yang lemah bisa diketahui saat menyalakan motor. "Kalau ciri aki yang sudah mati, pagi-pagi, masih dingin starter nggak kuat ngangkat. Abis dijumper nih mesin hidup. Abis itu bisa starter lagi. Nah itu berarti aki nggak bisa nyimpen arus," terangnya lagi.

"Ada juga aki yang kuat nyimpen arus tapi nggak kuat starter. Itu karena daya cracking hilang. Artinya daya voltase dia gede arus bagus cuma starter nggak kuat," lanjut Adi.

"Baiknya, pagi-pagi motor dipanasin dulu. Biar awet dan beban kerjanya nggak terlalu besar. Mau melihat pengecasan aki bagus atau tidak caranya kunci kontak on lampu sein nyalain pencet klakson. Dan periksa voltase, begitu di-starter penunjuk di bawah 9 volt berarti aki jelek. Tapi kalau dari 12 itu dia turun mendekati 9 volt itu crackingnya masih bagus

Lihat Oto tips yang lain



Belanja sekarang:
 Web order     App order  
© 2019 Speedwork Solusi Utama
Ikuti kami:




WA kami
WA kami