Lihat berita dan auto tips yang lain
Tips Menyalakan atau Mematikan AC Kendaraan
AC pada kendaraan merupakan komponen penting dalam meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, perawatan AC harus selalu rutin dilakukan untuk menjamin performa AC yang tetap dalam kondisi ideal. Perawatan pada sistem AC biasanya berupa penggantian filter AC, membersihkan kondensor dan evaporator, serta pemeriksaan kapasitas freon. Namun menjaga kerja AC agar tetap optimal tidak hanya dilakukan dengan melakukan perawatan AC secara rutin, tetapi pengoperasian AC yang benar juga dapat memperpanjang umur dari komponen pada sistem AC kendaraan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam melakukan pengoperasian AC kendaraan.
- Menyalakan Sistem AC setelah mesin menyala
Sistem AC pada kendaraan bekerja seperti sistem AC pada umumnya dengan mensirkulasikan freon ke sistem AC seperti evaporator, kompresor, kondensor dan katup ekspansi. Freon bisa bersirkulasi karena adanya kompresor AC. Kompresor AC berfungsi untuk mengubah freon dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi serta memiliki fungsi lain, yaitu mengalirkan freon ke sistem AC. Apabila kompresor tidak berfungsi maka freon tidak akan bisa bersirkulasi untuk menyerap udara panas, sehingga AC tidak akan dingin. Kompresor merupakan suatu komponen penting pada AC yang digerakkan oleh putaran mesin melalui V-belt dan pulley. Apabila Anda ingin mengaktifkan sistem AC maka mesin mobil harus menyala terlebih dahulu karena kalau tidak, maka yang keluar dari kisi-kisi AC hanya kipas blower saja.
- Mematikan Sistem AC setelah mesin dimatikan
Apabila Anda akan mematikan kendaraan, selalu pastikan bahwa sistem AC dikendaraan sudah dinonaktifkan. Kompresor AC yang bekerja mengikuti pergerakan mesin mengharuskan AC harus dimatikan terlebih dahulu baru kemudian mesin kendaraan. Hal ini untuk mencegah AC akan langsung menyala secara otomatis ketika Anda mulai mengaktifkan kendaraan. Ketika hal ini terjadi maka beban mesin akan menjadi lebih berat karena mesin langsung menggerakkan kompresor diawal putaran rpm.
- Tidak menyalakan AC dalam kondisi mesin mobil mati
Banyak pengemudi yang kerapkali beristirahat di dalam mobil sambil menyalakan AC namun dalam kondisi mesin kendaraan dimatikan. Walaupun semburan AC hanya mengandalkan blower kipas saja tetapi suplai tegangan untuk memutar motor blower menggunakan tegangan dari baterai aki 12V. Baterai aki hanya terus menerus menyuplai arus listrik ke motor blower tanpa adanya pengisian oleh alternator menyebabkan tegangan aki akan menurun (aki soak). Oleh karena itu, tetap nyalakan kendaraan pada saat menyalakan AC agar alternator tetap bisa menyuplai tegangan ke baterai aki sebagai sumber tegangan utama blower AC.
Lihat berita dan auto tips yang lain