Lihat berita dan auto tips yang lain

Fungsi Throttle Body pada Motor Anda

Throttle engine Apakah anda pernah mendapati putaran mesin pada motor anda yang tidak stabil pada saat kondisi idle? Apakah anda tau apa penyebabnya? Salah satu faktor yang menyebabkan putaran mesin naik turun (tidak stabil) adalah karena kotoran yang menumpuk pada jalur suplai udara. Udara merupakan salah satu komponen penting dari terjadinya proses pembakaran diruang bakar. Apabila suplai udara terganggu, maka performa mesin tidak akan bisa optimal. Terganggunya suplai udara mengakibatkan jumlah udara akan berkurang dari kondisi normalnya atau bahkan berlebih. Hal ini menyebabkan rasio campuran udara dan bahan bakar tidak akan bisa ideal.

Banyak sedikitnya udara yang masuk ke ruang bakar diatur oleh suatu komponen yaitu Throttle body. Throttle body memiliki bentuk seperti katup yang bisa membuka dan menutup, throttle body terletak diantara filter udara dan intake manifold. Throttle body tidak bekerja maksimal apabila terdapat kotoran yang menempel pada dinding throttle body. Kotoran ini diakibatkan karena durasi pemakaian kendaraan dan kotoran yang terbawa udara menempel pada throttle body. Mengapa udara kotor masih bisa masuk ke throttle body? Hal ini terjadi karena filter udara tidak bisa menyaring kotoran dengan optimal akibat kondisi filter yang sudah sangat kotor. Oleh karena itu ketika filter udara sudah dianggap kotor maka sebaiknya harus diganti.

Baca juga: Kapan injector motor harus dibersihkan

Berbeda dengan filter udara yang harus diganti apabila sudah sangat kotor, throttle body yang kotor cukup dibersihkan saja dengan cairan pembersih khusus (throttle body cleaner) tanpa harus menggantinya. Cairan ini memiliki fungsi untuk membersihkan karbon atau kotoran yang menempel pada dinding throotle bodi. Bagaimana cara membersihkan throttle body? Membersihkan throotle bodi bisa dilakukan tanpa membongkar throttle body, cukup dibersihkan dengan kain majun yang sudah disemprot cairan pembersih, kain majun tersebut kemudian dilapkan ke dinding throttle. Kenapa tidak menyemprotkan langsung cairan pembersih ke dinding throttle body? Tekanan pada cairan pembersih ini dikawatirkan dapat menyebabkan karbon dan kotoran yang menempel pada throttle body terdorong masuk ke intake manifold.

Clean up Throtle Cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan throttle body adalah dengan melepas komponen throttle body dan menyemprotkan ke dinding throttle. Apabila melakukan pembongkaran throttle body sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, karena terdapat sensor-sensor yang terhubung ke throttle body. Sebaiknya cukup lepas throttle body tanpa melepas soket sensor, karena apabila hal ini dilakukan maka anda harus melakukan reset sensor di bengkel resmi untuk mengembalikan setingan sensor seperti semula.

Membersihkan throttle body tidaklah susah, namun apabila anda khawatir terhadap resiko yang ditimbulkan ketika terjadi kesalahan pembongkaran dan perawatan, maka anda dapat mengunjungi bengkel-bengkel pilihan anda. Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami