Lihat berita dan auto tips yang lain

Apa Penyebab Speedometer dan Takometer pada Motor Anda Tidak Berfungsi ?

Speedo meter Mungkin anda pernah mengalami bahwa indikator kecepatan kendaraan atau putaran mesin pada motor anda tidak berfungsi. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Indikator kecepatan kendaraan ditampilkan pada speedometer sedangkan indikator putaran mesin (rpm) ditampilkan pada takometer.

Speedometer dan takometer memiliki 2 jenis, yaitu tipe analog yang masih berupa jarum dan tipe digital. Fungsi speedometer adalah untuk menginformasikan kepada pengendara mengenai kecepatan kendaraannya, tujuannya adalah sebagai patokan apabila pengendara ingin menambah atau mengurangi laju motornya.

Sedangkan takometer berfungsi untuk menginformasikan terkait putaran mesin (rpm) kendaraannya, besarnya putaran mesin mempengaruhi kecepatan dan tenaga motor yang dihasilkan.

Namun seringkali pengendara motor mengalami masalah terkait indikator speedometer ataupun takometer yang tidak berfungsi, apabila tipe analog maka jarum tidak bergerak, sedangkan pada tipe digital indikator tidak mau menyala atau berubah. Walaupun kerusakan indikator ini tidak mempengaruhi dari performa mesin tetapi tidak berfungsinya indikator ini menyebabkan pengendara tidak bisa mengontrol kecepatan motornya.

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab tidak berfungsinya speedometer dan takometer pada motor anda:
Selalu perhatikan penyebab kerusakan pada speedometer dan takometer motor anda, karena kondisi berkendara seperti melewati jalanan berlubang pada kecepatan tinggi akan menyebabkan guncangan yang cukup keras, sehingga bisa menyebabkan kerusakan dan terputusnya kabel pada speedometer dan takometer. Tidak berfungsinya speedometer dan takometer mengakibatkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu, maka segera kunjungi bengkel terpercaya untuk memperbaiki atau mengganti sistem gauge pada motor anda.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami