Lihat berita dan auto tips yang lain

Prinsip Kerja Adaptive Cruise Control

Adaptive Cruise Control Semakin berkembangnya teknologi, fitur yang ditanamkan pada kendaraan bermotor juga semakin inovatif dan bervariatif. Saat ini pengendara mobil telah dimanjakan dengan berbagai macam kemudahan berkendara yang ditawarkan oleh teknologi tersebut.

Misalkan saja pengendara mobil sudah bisa memarkiran kendaraannya secara otomatis tanpa harus bersusah payah dalam mengendalikan dan memposisikan kendaraannya. Dan masih banyak fitur penting lainnya yang salah satunya adalah fitur cruise control yang pada umumnya sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Cruise control adalah teknologi terbaru yang berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan agar tetap dalam kondisi yang stabil walaupun anda tidak menginjak pedal gas.

Pengoperasiannya adalah dengan menekan tombol cruise saat kita berkendara pada kecepatan tertentu, maka mobil akan tetap terjaga melaju pada kecepatan tersebut walaupun kita tidak menginjak pedal gas. Biasanya batas kecepatan minimum cruise control adalah 40 km/jam, apabila kecepatan kendaraan dibawah nilai tersebut maka fitur cruise control tidak bisa dioperasikan.

Adaptive Cruise Control
Saat ini fitur cruise control sudah dikembangkan menjadi adaptive cruise control yang memilki fungsi untuk menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang ada didepannya. Apabila kendaraan di depan mengurangi kecepatannya maka kecepatan kendaraan anda juga berkurang walaupun tanpa menginjak pedal rem, begitu juga ketika kendaraan didepan menambah kecepatannya, maka kecepatan kendaraan anda juga ikut bertambah tanpa menginjak pedal gas. Sistem Adaptive cruise control ini bekerja dan diatur oleh radar dan kamera yang dipasang pada sisi depan kendaraan. Kamera dan radar ini berfungsi untuk mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil yang ada didepannya, serta mengatur kecepatan kendaraan. Bagaimana cara mengoperasikan Adaptive Cruise Control (ACC)?

Baca juga: Tips berkendara dengan aman, hal apa yang harus dilakukan?

Tombol pengaturan ACC Tombol untuk pengaturan ACC biasanya berada pada roda kemudi. Kemudian pengemudi memilih pengaturan jarak dengan kendaraan didepannya. Aktifkan Adaptive Cruise Control dengan cara menekan tombol set. Sistem ACC ini hanya aktif pada range kecepatan tertentu, yaitu 40 km/jam – 180 km/jam, apabila kendaraan melaju diluar batas kecepatan tersebut maka ACC tidak akan aktif.

Anda bisa mengatur kecepatan maksimal yang diperbolehkan dengan menekan tombol +/- di roda kemudi. Misal anda mengatur kecepatan di 80 km/jam dan kendaraan depan melaju pada kecepatan 100 km/jam maka kecepatan anda tetap tertahan di kecepatan 80 km/jam, karena anda menyeting batas kecepatan di 80 km/jam.

Jika kendaraan depan mengurangi kecepatannya hingga 50 km/jam maka kecepatan kendaraan anda juga akan berkurang hingga 50 km/jam, ataupun ketika kendaraan depan berhenti maka kendaraan anda juga akan ikut berhenti tanpa menginjak pedal rem.

Fitur adaptive cruise control ini akan otomatis tidak beroperasi apabila pengemudi menginjak pedal rem atau mengoperasikan roda kemudi untuk berbelok. Selain itu kondisi hujan deras ataupun berkabut serta kondisi kamera dan radar yang tertutup kotoran atau benda asing menyebabkan sistem ACC tidak akan berfungsi.

Fitur ACC tidak ditemukan di semua tipe mobil, karena kebanyakan hanya diaplikasikan pada mobil tipe tertinggi. Penerapan adaptive cruise control ini disarankan untuk dioperasikan dijalan tol ataupun kondisi lalu lintas yang tidak padat. Karena apabila dioperasikan di jalanan yang ramai maka dikawatirkan dapat menyebabkan kecelakaan.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami