Lihat berita dan auto tips yang lain

Apa Perbedaan Sistem Karburator dan Sistem Injeksi ? Mana yang lebih baik?

mesin motor Pernakah anda memperhatikan sistem suplai bahan bakar pada motor anda, apakah menggunakan sistem injeksi atau sistem karburator?

Mungkin kebanyakan orang berfikir bahwa motor dengan sistem karburator adalah motor jadul dan performanya tidak lebih baik dari motor dengan sistem injeksi.

Di masa modern saat ini banyak produsen motor sudah mengaplikasikan sistem injeksi dibandingkan sistem karburator.

Untuk membahas lebih lanjut, mari kita memahami perbedaan sistem karburator dan sistem injeksi.

Karburator dan sistem injeksi memiliki fungsi yang sama yaitu menyediakan campuran udara dan bahan bakar dengan rasio yang sesuai. Dan ini bedanya :

karburator karburatorkarburator menggunakan sistem yang masih konvensional (mekanik), dan memanfaatkan tekanan rendah (vakum) yang dihasilkan piston pada langkah hisap. Sesuai dengan prinsipnya, udara mengalir dari tekanan tinggi (intake) ke tekanan rendah (ruang bakar), semakin cepat gerakan piston maka semakin cepat pula aliran udara di dalam venturi karburator sehingga tekanan udara di venturi menurun dan bahan bakar akan semakin mudah bergerak ke venturi. Bahan bakar tersebut kemudian langsung disambar oleh udara yang mengalir dan terjadilah proses pengkabutan. Dalam hal ini, volume suplai bahan bakar diatur oleh banyaknya jumlah udara yang mengalir. Jumlah udara yang mengalir juga diatur oleh katup throttle yang dioperasikan oleh kekuatan gas.

Baca juga: Perbedaan Sistem Kerja Motor 2 Tak dan Motor 4 Tak

system injection system injectionSistem injeksi, bahan bakar yang dicampurkan dengan udara pada injektor, diatur oleh ECU (Elektronik Control Unit). Bahan bakar yang akan disemprotkan, diatur oleh ECU dengan mempertimbangkan berbagai input sensor. Sensor-sensor tersebut yaitu sensor throttle, sensor tekanan udara manifold, sensor temperatur, sensor oksigen, dll. Misalkan sensor throttle mendeteksi bukaan gas yang besar, maka ECU akan memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak. Jumlah bahan bakar yang disemprotkan pada tiap RPM nya bisa berbeda-beda tergantung kondisi pengoperasian. Jadi sistem injektor mengontrol suplai bahan bakar dengan lebih teliti, karena ECU telah diprogram untuk melakukan penyesuaian sesuai dengan berbagai macam kondisi.

Baca juga : Beda ban motor tubeless dan tubetype

Namun kedua sistem tersebut (Karburator dan Injeksi Bahan Bakar) memiliki keunggulan masing-masing.



system injection system injection
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan sistem injeksi bahan bakar.


Kelebihan Kekurangan


karburator karburator
Sedangkan untuk sistem karburator, kelebihan dan kekurangannya adalah,


Kelebihan Kekurangan




Baca juga: Perbedaan Sistem Kerja Motor 2 Tak dan Motor 4 Tak

Dengan memahami tentang sistem suplai bahan bakar diatas, maka diharapkan kita dapat memahami dari segi efektifitas, efisiensi dan performa kendaraan, tipe mana yang lebih cocok untuk digunakan. Karena tiap sistemnya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami