Lihat berita dan auto tips yang lain

Bagaimana Bahan Bakar di Tangki bisa Disuplai ke Mesin?

tangki bensin tangki bensin Syarat terjadinya suatu pembakaran di ruang bakar adalah bahan bakar. Tanpa adanya bahan bakar mustahil mesin kendaraan kita bisa beroperasi.

Namun kadangkala kendaraan susah dinyalakan walaupun bensin masih dalam kondisi penuh. Apa sih penyebabnya?

Jadi sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pelajari tentang jalur suplai bahan bakar pada kendaraan. Berikut ini adalah komponen utama pada sistem suplai bahan bakar.



Tangki bahan bakar
Tangki bahan bakar
Berfungsi untuk menyimpan bahan bakar, lokasi terletak dibawah kendaraan. Tangki bahan bakar terdiri dari 2 jenis yaitu plastik dan besi. Tangki dengan bahan plastik memiliki keunggulan yaitu, ringan dan tidak menimbulkan karat.

Sedangkan tangki dari besi memiliki keunggulan yaitu kuat dan tidak mudah rusak. Tangki bahan bakar pada setiap kendaraan memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung jenis dan kapasitas mesin.

Pompa bahan bakar
Pompa bahan bakar (fuel pump)
Berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju ke injektor di mesin dengan tekanan yang tinggi.

Pompa bahan bakar terdiri dari 2 jenis, yaitu pompa mekanik dan pompa elektrik. Pompa mekanik digerakan oleh putaran mesin, sedangkan elektrik digerakkan oleh tenaga listrik.

Filter bahan bakar
Saringan bahan bakar (fuel filter)
Berfungsi untuk menyaring kotoran dan benda asing yang terhisap oleh pompa untuk disuplai ke injektor. Bahan bakar yang kotor dan akan menyumbat injektor di mesin.

Fuel pressure regulator
Fuel Pressure Regulator
Berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar yang dikirim ke injektor. Tekanan bahan bakar harus dijaga pada tekanan konstan. Tekanan yang konstan ini dibutuhkan oleh mesin agar bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor selalu dalam bentuk kabut.


Injector bahan bakar
Injektor bahan bakar
Berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar pada ruang bakar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mesin. Banyak sedikitnya bahan bakar yang diinjeksikan ditentukan oleh ECU, berdasarkan data dari inputan sensor-sensor pada mesin. ECU akan mengontrol durasi injektor untuk membuka sehingga berpengaruh terhadap volume bahan bakar yang diinjeksikan.


Baca juga: Apa itu Air fuel ratio

Alur suplai bahan bakar dimulai ketika bensin pada tangki dipompa dengan tekanan tinggi oleh fuel pump untuk melewati filter bahan bakar dan pressure fuel regulator sebelum dialirkan menuju injektor. Apabila terdapat masalah pada jalur suplai ini maka akan berpengaruh terhadap pembakaran. Injektor yang tersumbat karena filter tidak bisa menyaring kotoran pada bahan bakar dengan sempurna dapat menyebabkan mesin tidak akan menyala. Fuel Pressure Regulator dan Pompa bahan bakar yang tidak berfungsi dengan normal juga bisa menjadi faktor penyebab kendaraan anda tidak bisa menyala.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami