Lihat berita dan auto tips yang lain

Bagaimana Merawat Baterai (Aki) Kendaraan Anda?

Merawat aki Pada saat akan mulai berkendara mungkin anda akan mengaktifkan starter untuk menyalakan kendaraan, kemudian mengaktifkan lampu-lampu sebagai penerangan dan komponen kelistrikan lainnya. Namun apakah anda tahu bagaimana komponen-komponen kelistrikan kendaraan bisa bekerja?

Komponen kelistrikan tersebut bisa beroperasi karena mendapat suplai tegangan dari baterai (aki).

Apabila kondisi baterai tidak normal bisa jadi komponen kelistrikan kendaraan anda tidak bisa beroperasi atau bahkan kendaraan anda tidak bisa di starter, oleh karena itu penting untuk memastikan kondisi baterai kendaraan anda agar tetap normal.

Baterai (aki) adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai pada kendaraan memiliki tegangan 12 V DC.

Baca juga: tanda-tanda aki harus diganti

Pada umumnya baterai dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

aki basah
Baterai konvensional (aki basah)
Pada baterai jenis konvensional ini memiliki kandungan cairan elektrolit atau air aki berupa asam sulfat. Seiring penggunaanya air aki akan menguap dan semakin lama akan habis, sehingga baterai konvensional ini harus selalu rutin dirawat agar performanya tetap optimal. Untuk perawatan yang bisa dilakukan adalah selalu periksa level cairan elektrolit pada baterai. Selalu jaga pada kondisi penuh agar elemen plat didalam aki tidak kering. Selain itu selalu pastikan bahwa terminal baterai tidak tertutup oleh karat. Apabila tertutup karat bersihkan dengan menggunakan sikat kawat dan air hangat.

aki kering
Baterai free maintenance (aki kering)
Pada baterai jenis ini sebenarnya tetap menggunakan cairan elektrolit seperti yang terdapat pada aki basah. Karena cairan elektrolitnya tidak terlihat maka disebut aki kering sehingga anda tidak perlu mengisi ulangnya lagi. Pada baterai ini bahan yang digunakan memiliki tingkat penguapan yang sangat minim. Walaupun aki kering disebut free maintenance, namun bukan berarti anda tidak perlu merawatnya, Terminal positif dan negatif aki perlu dibersihkan dari kotoran atau karat yang menempel.
Klik disini untuk lihat harga ganti aki

Dari perbedaan jenis aki diatas mungkin anda bisa mempertimbangkan jenis aki yang akan anda gunakan pada kendaraan anda. Dilihat dari jenis dan cara perawatannya, aki basah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan aki kering, namun anda memerlukan usaha yang ekstra untuk melakukan penggantian cairan elektrolit pada aki ketika levelnya sudah berada di bawah batas minimal. Apabila kondisi baterai anda sudah tidak normal walaupun anda sudah membersihkan terminal baterai maka ganti baterai anda, segera download aplikasi speedwork untuk mempermudah anda dalam memilih jenis baterai yang akan anda gunakan.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami