Lihat berita dan auto tips yang lain

Beda Asap Hitam dan Putih yang keluar dari Knalpot

beda asap hitam dan putih Pernahkah anda menemukan atau melihat motor dijalanan dengan asap knalpot berwarna hitam ataupun putih? Untuk motor dengan mesin 2 tak, mungkin hal ini sudah biasa dan terbilang wajar, tetapi untuk motor dengan mesin 4, tak asap knalpot berwarna hitam atau putih bisa menjadi indikasi masalah pada mesin.

Untuk motor yang mengeluarkan asap knalpot berwarna hitam kebanyakan terjadi pada motor dengan sistem karburator. Setelan karburator yang tidak tepat menyebabkan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar akan terlalu banyak. Akibatnya terdapat bahan bakar yang tidak ikut terbakar, sehingga menyebabkan gas buang knalpot menjadi berwarna hitam.

Efeknya adalah konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros. Untuk motor dengan sistem injeksi jarang terjadi masalah seperti ini, karena penyetelan udara dan bakar sudah diatur secara komputerisasi, sehingga teknisi tidak perlu menyetelnya secara manual.

Selain karena suplai bahan bakar yang terlalu banyak, timbunan kerak dan karbon pada ruang bakar juga menjadi penyebab asap knalpot kendaraan berwarna hitam. Cara menanganinya harus dilakukan servis berat (turun mesin) untuk membersihkannya.

Untuk motor yang mengeluarkan asap knalpot berwarna putih kemungkinan penyebabnya karena oli mesin yang masuk dan tercampur di ruang bakar. Oli tersebut akan ikut terbakar bersama udara dan bahan bakar. Efeknya adalah asap knalpot akan menjadi berwarna putih. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana oli bisa masuk ke dalam ruang bakar? Oli mesin yang ikut masuk ini disebabkan karena terdapat celah yang tidak diinginkan.



Baca juga: Tips Berkendara dengan Aman, Hal Apa yang Harus Dilakukan?

populer servis untuk mobil populer servis untuk mobil populer servis untuk motor populer servis untuk motor


Celah ini bisa terjadi karena terdapat komponen yang aus atau kerusakan pada piston maupun ring piston. Seperti kita ketahui bahwa salah satu fungsi dari ring piston adalah untuk mencegah kebocoran oli masuk ke ruang bakar. Apabila kondisi dari ring piston sudah tidak ideal, resiko kebocorannya pasti akan tinggi. Cara untuk mengatasinya yaitu dilakukan overhaul total pada mesin untuk mengganti komponen-komponen yang aus atau ring piston yang sudah tidak ideal.

Permasalahan diatas mungkin tidak memberikan dampak langsung, kendaraan masih bisa berjalan dengan normal. Tetapi dampaknya kendaraan akan menjadi boros dan dikawatirkan lambatnya penanganan ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Asap knalpot yang dihasilkan juga dapat mengganggu pengguna jalan lain. Untuk mencegah hal ini terjadi maka lakukan servis motor anda secara rutin untuk memeriksa kinerja dan performa dari sistem kendaraan anda.

Lihat berita dan auto tips yang lain