Lihat berita dan auto tips yang lain

Cara Mematikan Mesin Mobil Anda dengan Benar

Salah satu faktor yang menentukan performa dari mesin dan baterai aki mobil adalah bagaimana cara anda mematikan mesin mobil anda. Masih banyak pengguna mobil yang asal-asalan dalam mematikan mesin mobilnya, hanya memutar kontak kunci ke posisi OFF tanpa memperhatikan hal-hal penting lainnya. Berikut ini adalah tahapan - tahapan yang harus dilakukan sebelum mematikan mesin mobil anda:

Posisi tuas transmisi Posisi tuas transmisi 1. Posisi Tuas Transmisi
Pindahkan tuas transmisi ke posisi P (Park) untuk transmisi otomatis dan posisi N (Netral) untuk transmisi manual. Hal ini dilakukan untuk mencegah mobil anda loncat dengan sendirinya saat pertama kali mesin dinyalakan, sehingga anda akan merasa aman.Pada transmisi otomatis, apabila tuas transmisi tidak diposisikan ke posisi P, maka kunci kontak tidak akan bisa dilepas dari slot kunci.

Komponen listrik Komponen listrik 2. Komponen Kelistrikan
Nonaktifkan semua komponen kelistrikan pada mobil (AC, audio, lampu-lampu). Hal ini untuk memastikan bahwa putaran mesin bekerja tanpa beban sebelum mesin dimatikan. Selain itu prosedur ini dilakukan untuk mencegah baterai aki soak dan kerusakan pada alternator serta kompresor AC.

Putaran mesin Putaran mesin 3. Putaran Mesin (RPM)
Pastikan bahwa sebelum anda mematikan mesin mobil, putaran mesin harus berada pada kondisi stasioner (idle). Hal ini dilakukan agar mesin berada pada kondisi normal (tanpa beban) serta untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil anda. Pada saat mesin masih bekerja dengan putaran tinggi, piston akan bergerak dengan cepat sehingga membutuhkan pelumasan oli yang maksimal. Ketika mesin tiba-tiba di matikan maka pompa oli akan berhenti bekerja sehingga tidak ada pelumasan mesin. Hal ini menyebabkan terjadinya keausan pada komponen-komponen mesin yang bergesekan.

Rem parkir Rem parkir 4. Rem Parkir
Tarik atau aktifkan rem parkir mobil anda untuk mencegah kendaraan bergerak dengan sendirinya. Hal ini juga dilakukan sebagai pengamanan ketika kendaraan dihentikan di jalan tanjakan atau turunan.

Matikan mesin mobil Matikan mesin mobil 5. Kunci Kontak Ini adalah langkah terakhir yang dilakukan setelah langkah 1 hingga langkah 4 sudah terpenuhi. Putar kunci kontak keposisi OFF pada tipe kunci konvensional atau tekan tombol push button hingga OFF pada tipe kunci keyless. Jangan lupa mencabut anak kunci kendaraan anda dan membawanya keluar. Seringkali terjadi, mobil terkunci dari dalam akibat pengemudi lupa membawa anak kunci keluar kendaraan. Hal ini akan mempersulit pengemudi apabila pengemudi tidak membawa atau mempunyai kunci duplikat.


baca juga: Mobil susah di starter perhatikan hal hal berikut



Kelima tahapan diatas memang cukup sederhana, namun apabila tidak dilakukan maka resiko kerusakan pada mesin mobil, kompresor AC, komponen pengisian seperti alternator dan baterai aki mobil anda akan sangat mungkin terjadi. Apabila prosedur yang salah dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama tidak menutup kemungkinan bahwa sistem kendaraan anda akan bermasalah.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami