Lihat berita dan auto tips yang lain

Cara Memeriksa dan Mengganti Filter AC Mobil Anda

Ganti Filter AC Taukah anda mengapa performa AC mobil anda semakin lama semakin menurun? Banyak faktor yang menyebabkan temperatur AC mobil tidak dingin lagi seperti kondisi normalnya, salah satu penyebabnya adalah kotoran yang menempel pada evaporator AC.

Debu dan kotoran yang menempel menyebabkan proses penyerapan kalor pada udara yang panas menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan terhadap evaporator secara rutin untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Untuk meminimalisir debu dan kotoran yang menempel pada evaporator, beberapa jenis kendaraan sudah dilengkapi dengan filter AC. Filter AC memang tidak nampak dari luar karena penempatannya terletak di dalam dashboard mobil, tepatnya di bawah glove box.

Filter AC ini memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang akan masuk ke evaporator AC. Apabila mobil anda tidak dilengkapi dengan filter AC, maka udara kabin yang terkontaminasi oleh kotoran dan debu akan ikut terbawa dan masuk ke dalam evaporator. Hal ini menyebabkan penurunan kinerja dari evaporator dan komponen evaporator akan menjadi cepat kotor.



Mau ganti ban, ganti oli atau servis mobil,
produk original dari bengkel terpercaya


servis ban servis ban Ban & Velg


servis oli servis oli Oli


servis aki servis aki Aki


servis ban servis ban Servis, grooming dan cuci




baca juga: Mobil susah di starter perhatikan hal hal berikut

Untuk memastikan apakah kondisi filter AC kendaraan anda bersih, maka anda harus melepaskan filter AC dengan membuka glove box. Setelah itu buka penutup filter AC dan kemudian tarik filter AC. Apabila kondisi dari filter AC sudah sangat kotor, maka anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Filter AC Filter AC Secara umum filter AC dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu fiber dan karbon. Filter AC jenis fiber biasanya berwarna putih dan tersusun dari serat fiber. Tujuannya adalah untuk menyaring kotoran. Filter jenis fiber biasanya digunakan pada kebanyakan mobil pada umumnya. Filter jenis karbon biasanya berwarna abu-abu dan terdiri dari 2 lapisan, yaitu lapisan fiber dan serat karbon. Tujuannya adalah untuk menyaring kotoran dan menghilangkan bau.

Filter berbahan karbon memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan filter berbahan fiber. Filter AC memang tidak tersedia pada semua jenis kendaraan, namun apabila kendaraan anda tidak dilengkapi dengan filter AC maka anda bisa melakukan pemasangan filter AC di bengkel-bengkel terpercaya. Pemasangan filter AC dapat meningkatkan kualitas udara dingin yang dihembuskan oleh blower AC, serta dapat menghilangkan bau pada udara AC kendaraan anda.


Lihat berita dan auto tips yang lain