Lihat berita dan auto tips yang lain

Di mana saja lokasi SRS Airbag dan fungsinya

Fungsi SRS airbag Saat ini produsen kendaraan bermotor sudah mengaplikasikan salah satu fitur keselamatan berkendara yaitu SRS Airbag. Karena sabuk pengaman saja masih dianggap tidak cukup, maka SRS Airbag perlu ditambahkan pada sistem keamanan kendaraan.

SRS adalah singkatan dari Supplemental Restraint System yang memiliki arti “Sistem Pengaman Tambahan”.

SRS Airbag adalah sistem pengaman kendaraan yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko benturan yang dialami pengemudi maupun penumpang saat terjadi kecelakaan.

Sistem SRS Airbag terdiri dari beberapa jenis. Dan pada umumnya kendaraan dilengkapi sistem Airbag pada bagian pengemudi dan penumpang.

Ketika kecelakaan terjadi maka Airbag akan mengembang dan mencegah benturan pada pengemudi dan penumpang dengan bagian mobil. Namun ada beberapa jenis kendaraan tertentu memiliki jenis Airbag yang cukup lengkap.


Berikut ini adalah jenis-jenis Airbag berdasarkan lokasinya




Fungsi SRS airbag Airbag Pengemudi
Jenis Airbag ini terletak di bagian setir (roda kemudi) dan pada umumnya dijumpai pada hampir semua kendaraan. Jenis Airbag ini sangat penting, karena apabila terjadi kecelakaan maka pengemudi akan langsung berhadapan dengan setir sehingga kemungkinan benturan yang sangat keras dapat terjadi.

Airbag penumpang Airbag Penumpang
Jenis Airbag ini terletak di dalam dashboard mobil dan akan melindungi penumpang depan apabila kecelakaan terjadi. Apabila sensor membaca benturan pada kendaraan maka Airbag ini akan Meletus dan dashboard akan terbelah akibat ledakan Airbag. Apabila hal ini terjadi maka benda-benda disekitar dashboard akan terpental kearah penumpang depan.

Airbag samping Airbag Samping
Airbag pengemudi dan penumpang dipasang untuk mengantisipasi benturan dari sisi depan kendaraan akibat tabrakan, namun ada kalanya benturan juga bisa terjadi dari sisi samping kendaraan. Untuk mengantisipasi hal ini, beberapa jenis kendaraan memiliki sistem Airbag Samping (Side Airbag) yang dipasang pada bagian sisi terluar atau sisi yang dekat dengan pintu kendaraan dari kursi pengemudi maupun penumpang. Apabila benturan dari sisi samping kendaraan terjadi, maka airbag akan mengembang dan melindungi pengemudi maupun pengendara.

Airbag lutut Airbag Lutut
Airbag lutut dipasang untuk melindungi bagian lutut pengemudi maupun penumpang depan apabila tabrakan terjadi sehingga dapat mengurangi resiko cedera atau patah kaki akibat benturan yang sangat keras. Airbag lutut dipasang sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang depan karena airbag pengemudi dan airbag penumpang hanya mampu melindungi tubuh bagian atas.

Airbag pilar Airbag Pilar (Curtain Airbag)
Memiliki fungsi yang sama dengan Airbag samping yaitu untuk melindungi benturan dari arah samping kendaraan. Airbag Samping dipasang pada kursi pengemudi dan penumpang sedangkan Curtain Airbag dipasang pada pilar kendaraan (sisi yang dekat dengan kaca jendela kendaraan). Tujuan Airbag ini adalah untuk melindungi kepala pengemudi dan penumpang akibat benturan dari samping serta pecahan kaca yang ditimbulkan.

Pemilik kendaraan perlu memperhatikan fitur keselamatan (Airbag) yang terpasang pada kendaraannya. Semakin banyak jenis Airbag yang digunakan maka tingkat keamanannya akan semakin tinggi, tetapi hanya kendaraan tertentu saja yang memiliki semua fitur Airbag, karena harga yang cukup mahal. Saat ini sebagian besar produsen kendaraan sudah memasang fitur keselamatan (SRS Airbag) pada semua jenis kendaraannya, walaupun hanya sebatas SRS Airbag Pengemudi dan Penumpang.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami