Lihat berita dan auto tips yang lain

Fitur Keselamatan pada Motor Anda yang Perlu Diketahui

Naik motor Kendaraan bermotor bukan hanya menjadi kebutuhan sekunder, tetapi sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi mayoritas penduduk perkotaan di Indonesia.

Dari waktu ke waktu, teknologi pada kendaraan bermotor semakin berkembang.

Kemajuan teknologi membuat para produsen kendaraan berlomba-lomba untuk berinovasi dalam penambahan fitur-fitur pada suatu kendaraan bermotor.

Teknologi yang sangat penting dan dibutuhkan adalah teknologi terkait keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Berikut ini adalah beberapa fitur keselamatan dan keamanan pada motor anda yang sering kita jumpai dan perlu diketahui.

brake lock brake lock 1. Parking Brake Lock
Fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan rem parkir (hand brake) pada kendaraan roda empat, yaitu untuk mengunci posisi motor ketika berhenti di tanjakan atau turunan pada keadaan mesin motor mati atau nyala.

Prinsip kerja dari parking brake lock adalah dengan menarik tuas rem belakang pada motor, kemudian tarik tuas kecil di depan tuas rem tersebut. Hal ini menyebabkan rem belakang motor menjadi terkunci. Dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu khawatir ketika berkendara dan terjadi macet pada medan yang cukup ekstrem seperti di jalan turunan maupun tanjakan.

brake lock brake lock 2. Side Stand Switch
Prinsip kerja fitur ini adalah memutuskan sistem pengapian ketika standar samping diturunkan. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan yang sering terjadi ketika pengendara lupa menaikkan standar samping motornya.

Ketika standar samping dinaikkan, maka ECM akan kembali mengalirkan suplai arus listrik ke sistem pengapian dan mesin akan menyala.



Baca juga: Cara merawat ban sepeda motor

brake lock brake lock 3. Secure Key Shutter
Adalah fitur keamanan yang terdapat pada kontak kunci motor yang dilengkapi dengan penutup magnet dan tuas penutup manual. Penutup magnet ini hanya dapat dibuka dengan anak kunci yang melekat dan terpasang pada kunci master.

Pada awalnya secure key shutter hanya dapat dioperasikan secara manual dengan anak kunci, tetapi sekarang kita bisa menutup lubang kunci dengan cara menggerakkan tuas secure key shutter. Namun, untuk membukanya tetap perlu menempelkan anak kunci pada key shutter.

Dikembangkannya beberapa sistem tersebut sebagai upaya yang dilakukan developer pabrikan kendaraan untuk meningkatkan standar keamanan dan nilai jual produk mereka. Pastikan bahwa kita memilih kendaraan bermotor yang memiliki standar keamanan yang ideal, karena keselamatan dalam berkendara adalah prioritas yang utama.


Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami