Lihat berita dan auto tips yang lain

Fungsi tombol-tombol pada AC Mobil

tombol di AC AC merupakan suatu kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia.

Apabila anda sedang berkendara dengan kondisi AC yang tidak berfungsi, maka dapat mengurangi tingkat kenyamanan dan konsentrasi dalam berkendara. Saat ini sebagian besar kendaraan sudah dilengkapi dengan fitur pendingin udara (AC).

Tipe AC kendaraan saat ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu digital dan analog. Tipe digital biasanya menggunakan tombol-tombol sentuh dan dilengkapi panel layar indikator AC, sedangkan tipe analog masih konvensional karena dioperasikan dengan cara diputar dan digeser serta tidak sedetail tipe digital.

Ketika berkendara apakah anda mengontrol temperatur pada kendaraan secara asal-asalan, tanpa memahami fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada AC.

Asalkan dingin mungkin anda sudah merasa nyaman. Tetapi untuk mendapatkan performa AC yang optimal dan ideal maka anda harus memahami fungsi dari tombol-tombol tersebut. Berikut adalah fungsi dari tombol AC.

auto button auto button Auto
Tombol ini hanya berupa tulisan AUTO yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu kendaraan secara otomatis menyesuaikan dengan suhu yang dibutuhkan. Apabila suhu dikabin panas maka AC akan meningkatkan kinerjanya untuk mendapatkan suhu yang diinginkan oleh tubuh. Apabila suhu di kabin sudah dingin, maka AC akan mengurangi kinerjanya untuk menjaga suhu dikabin tetap ideal.

A/C button A/C button A/C
Tombol A/C berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kompresor AC. Apabila tombol ini menyala (ON) maka kompresor akan aktif sehingga freon bisa bersirkulasi untuk melakukan proses pendinginan. Apabila tombol mati (OFF) proses pendinginan tidak akan terjadi.

ON OFF button ON OFF button On/Off
Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kipas blower pada AC.
Biasanya pada tombol ini terdapat gambar kipas. Blower berfungsi untuk menghembuskan dan mengarahkan udara dingin ke dalam kabin.

Rear button Rear button Rear
Tombol dengan tulisan rear atau biasa disebut defogger ini memiliki fungsi untuk menghilangkan kabut atau embun pada kaca belakang kendaraan. Prinsip kerjanya dengan menghembuskan udara panas melalui defogger yang terdapat pada kaca belakang.

front button front button Front
Tombol dengan tulisan front atau biasa disebut defroster memiliki fungsi yang sama dengan tombol rear, Cuma bedanya kabut atau embun yang akan dihilangkan menempel pada kaca depan mobil.. Prinsip kerjanya yaitu dengan menghembuskan udara ke kaca depan melalui ventilasi AC.

circulation button circulation button Circulation
Tombol ini berupa gambar panah melingkar didalam kendaraan, fungsinya yaitu mengkondisikan sirkulasi udara hanya berputar didalam kabin saja. Ketika tombol ini ON maka semua katup dan ventilasi udara luar akan tertutup, sehingga udara luar tidak masuk kedalam kendaraan.

Fresh air button Fresh air button Fresh Air
Tombol ini berupa gambar panah masuk kedalam kendaraan, fungsinya adalah untuk memasukkan udara luar agar bersirkulasi didalam kabin. Ketika tombol ini ON maka semua katup dan ventilasi udara luar akan terbuka sehingga udara akan bersirkulasi dan masuk kedalam kabin.

blower up button blower up button blower down button blower down button Blower Fan Kontrol
Tombol ini biasanya berupa gambar kipas dengan panah keatas dan kebawah. Fungsinya adalah untuk mengatur (menambahkan atau mengurangi) kecepatan kipas blower secara manual sesuai dengan yang diinginkan.

Button Wind Control Button Wind Control Mode Kontrol
Tombol ini ditunjukkan dengan gambar orang dan tanda panah. Fungsi tombol ini untuk mengatur arah hembusan udara AC. Anda dapat mengatur hembusannya kearah muka, kaki dan muka, hanya kaki, arah depan (defroster) dan kaki.


Temperature up button Temperature up button Temperature down button Temperature down button Temperatur Kontrol
Tombol ini biasanya ditunjukkan dengan tanda panah keatas dan kebawah dengan warna merah dan biru. Fungsi tombol ini adalah untuk mengatur suhu AC yang dihembuskan melalui ventilasi. Apabila kita menekan tombol berwarna biru maka temperatur akan menurun, sedangkan apabila menekan tombol berwarna merah, maka temperatur akan meningkat.

Ketika anda sudah memahami fungsi dari fitur-fitur yang terdapat pada tombol-tombol AC, maka anda akan dapat mengoperasikan AC secara efisien dan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.


Baca juga: Penjelasan standar servis berkala buat mobil

populer servis untuk mobil populer servis untuk mobil populer servis untuk motor populer servis untuk motor


Lihat berita dan auto tips yang lain