Lihat Oto tips yang lain

Gejala busi motor mau mati bisa dideteksi sejak dini.

Tandanya. Antara lain :

Pertama, perhatikan suara mesin saat mesin dihidupkan. Suara mesin saat langsam atau diam biasanya terdengar halus dan konstan. Tapi jika suara mesin terdengar kasar dan membuat motor terasa getaran kemungkinan busi motor Anda perlu diganti.

Kedua, adalah ketika mesin motor mulai sulit untuk dihidupkan baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal ini dikarenakan busi tidak memberikan percikan api yang cukup pada pengapian di ruang bakar yang mengakibatkan motor akan susah dinyalakan. Kerusakan pada busi juga dapat memicu aki menjadi boros.

Ketiga, yang bisa dirasakan adalah adanya missed fire dalam ruang bakar alias silinder. Gejalanya adalah mesin berhenti sesaat (delayed) dan kembali berfungsi seperti biasa.

Keempat, busi mati juga bisa terjadi akibat setingan mesin yang tidak tepat. Seperti adanya surging atau pasokan udara yang terlalu besar di ruang bakar. Udara yang terlalu banyak juga akan menyebabkan busi cepat kotor dan akan mati, periksakan setelan karburator atau sistem injeksi pada mesin secara berkala. Jika motor mulai terasa boros, itu merupakan gejala busi juga perlu diganti karena proses pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.

Kelima, adalah dengan merasakan akselerasi motor, jika tidak maksimal perlu dicurigai kondisi busi sudah buruk. Saat busi bermasalah, motor biasanya jadi tidak responsif saat dibuka gasnya, sehingga akselerasi terasa tertahan.

Busi/Spark Plug, adalah salah satu komponen penting dalam mesin bermotor, bahkan busi bisa dikatakan sebagai jantung dari motor tersebut. Fungsi busi dalam sepeda motor adalah untuk menyalurkan listrik dan melakukan pembakaran ketika piston dan klep berkompresi di dalam Silinder Head/ Blok Head. Sehingga hasil kompresi berupa pembakaran akan keluar melalui lubang knalpot/exaust dan kemudian hasil pembakaran dan kompresi didalam silinder haed diolah menjadi sumber tenaga dalam kendaraan bermotor.

Lihat Oto tips yang lain



Belanja sekarang:
 Web order     App order  
© 2019 Speedwork Solusi Utama
Ikuti kami:




WA kami
WA kami