Lihat berita dan auto tips yang lain

Prosedur Mudah dalam Mengganti Busi Mobil Anda

Prosedure ganti busi Salah satu syarat terjadinya pembakaran pada ruang bakar di kendaraan anda adalah adanya api. Percikan bunga api dihasilkan dari busi yang dipasang pada engine.

Pada saat langkah kompresi, busi akan memercikkan api untuk membakar dan meledakkan campuran udara dan bahan bakar, hal ini menyebabkan piston bergerak ke bawah untuk melakukan langkah usaha.

Busi harus tetap dijaga pada kondisi yang ideal. Pemeriksaan dan penggantian busi harus rutin dilakukan untuk mencegah kendaraan anda mati mendadak akibat tidak adanya pengapian pada ruang bakar.

Mengganti busi sendiri tidaklah rumit tergantung dimana posisi busi pada kendaraan anda.


Berikut ini adalah tahapan dalam melakukan pemeriksaan dan penggantian busi pada mobil anda




1. Pastikan mesin kendaraan anda dalam kondisi dingin

2. Gunakan sarung tangan kain untuk mencegah tangan anda tergores oleh bagian-bagian tajam pada mesin ataupun terbakar akibat temperatur mesin yang masih tinggi.

3. Cabut konektor pengapian pada tiap-tiap silinder.

4. Lepaskan baut koil pengapian kemudian tarik dan lepaskan koil pengapian pada semua silinder. Pastikan bahwa koil pada masing-masing silinder tidak saling tertukar.

5. Lepaskan busi dengan kunci busi yang terpasang pada extension, seperti yang kita ketahui bahwa busi pada mobil susah dijangkau langsung apabila anda tidak menggunakan extension.


Baca juga: Bagaimana prosedur pemeriksaan rem pada mobil anda?


6. Setelah busi terlepas, periksa celah elektrodanya dengan feeler gauge. Apabila celahnya diluar standar ( ±1 mm) maka ganti busi,

7. Periksa elektrodanya dengan sikat pembersih apabila ada kotoran yang menempel. Pastikan tidak ada kerusakan pada gasket dan insulator busi.

8. Apabila harus dilakukan penggantian busi, maka ganti busi dengan spesifikasi yang sesuai.

9. Jika busi hanya diperiksa dan dibersihkan tanpa melakukan penggantian busi, maka pasanglah busi kembali pada lokasi atau silinder yang sama ketika busi dilepas. Lokasi pemasangan busi yang tidak sesuai akan merusak drat busi ataupun menyebabkan gangguan pengapian. Hal ini terjadi karena ketika engine bekerja maka panas yang dihasilkan akan menyebabkan ulir busi dan kepala silinder akan berubah dan pada masing-masing silinder rasio perubahan ulirnya pasti tidaklah sama.

10. Ketika semua busi sudah terpasang, pasang koil dan konektor busi.

11. Nyalakan kendaraan anda dan pastikan bahwa semua silinder mesin beroperasi dengan normal dan mesin tidak pincang.

Tooling ganti busi Pemeriksaan busi tersebut dapat dilakukan sendiri apabila anda memiliki kunci busi, kunci shock dan ekstension, feeler gauge, dan kunci torsi. Apabila anda tidak memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian busi sendiri, anda bisa mengunjungi bengkel terdekat.

Lihat berita dan auto tips yang lain




Belanja online servis di toko:

web order Web order Download Speedwork App at google play Download Speedwork App at Apple play


© 2019 Speedwork Solusi Utama

Ikuti kami: Follow Speedwork Instagram Follow Speedwork Facebook Follow Speedwork Youtube
Speedwork Indonesia brand champion






WA kami
WA kami